Saturday 2 September 2017

Fujisan di Lake Kawaguchiko, Spring atau Winter?

Traveling ke Jepang memiliki seninya sendiri karena 'musim' berkunjung jadi faktor penting menyusun itinerary karena tiap-tiap musim Jepang punya sisi asiknya sendiri-sendiri. Belum lagi Jepang memiliki 'places to visit' yang banyak banget. Makanya, jika nggak punya banyak waktu pasti bingung sendiri pilah-pilih destinasi. Nah, If you have an opportunity to visit Japan, Mt. Fuji should be on your list. Kenapa? Karena menurutku, Gunung Fuji bersamaan dengan Sakura adalah Japan's Icon, yaah semacam belum ke Jepang kalau belum liat Fujisan.
Perfect background photo, isn't it?
Aku baru dua kali melihat Fujisan dari dekat, dan dua-duanya dari Lake Kawaguchiko. Kalau belum tahu, ada beberapa tempat terbaik untuk menikmati Fujisan dari dekat, dua tempat yang paling populer adalah Lake Kawaguchiko dan Hakone. Diriku lebih memilih Lake Kawaguchiko karena akses yang mudah dari Tokyo. Tapi, kalau ditanya what the best season to visit Lake Kawaguchiko aku akan bingung jawabnya karena sepertinya semua bagus, hihi, tinggal pilih aja view seperti apa yang diiginkan. Dari empat musim, aku coba ceritakan Spring dan Winter dulu ya, semoga lain kali ada kesempatan ke sana saat summer dan autumn :)

Lake Kawaguchiko in Spring

Spring banyak dipilih karena sakura dan Fujisan bisa dinikmati bersamaan. Waktu terbaik untuk kesana adalah Mid April hingga Early May. Menurutku ada dua amazing view yang bisa dinikmati sepanjang hari-hari itu, karena selain sakura lagi mekar ada Fuji Shibazakura Festival juga. Asik kan? Sakura akan fully bloom di Mid April sedangkan Shibazakura paling best di early May.

Diriku berkunjung di early May karena dapet tiket promonya tanggal segitu. Hihi. Daaaaannnn, beginilah Fujisan saat itu, meskipun sakura udah pada rontok, shibazakuranya perfect :)
Shibazakura Festival featuring Mt. Fuji
Fujisan view from Lake Kawaguchiko
The last remaining sakura in early May
Selain view bunga dimana-mana, mengunjungi Lake Kawaguchiko di awal Mei akan menguntungkan buat kita karena suhu udara yang udah nggak dingin jadi nggak ribet soal pakaian. Kemudian, Festival Shibazakura semacam jadi alternatif wisata kuliner di Jepang karena di festival tersebut terdapat aneka macam foodstalls dari mulai dari Taiyaki (kue khas jepang yang biasanya berbentuk ikan, tapi kali ini berbentuk gunung fuji dengan isi macam-macam) hingga ikan trout bakar. Yummy!!

Lake Kawaguchiko in Winter

Jika saat Spring aku dihipnotis oleh view bunga-bunga yang fully bloom, saat Winter aku terpesona dengan view Fujisan sendiri! Selama ini Fujisan dikenal dengan puncaknya yang bersalju sepanjang tahun, ketika musim dingin salju di puncak Fujisan sangat tebal, Fujisan jadi sangat indah. Semacam inilah pemandangannya~~
Fujisan in winter
Bener kan, view Fujisan cantik banget saat winter. Saat kesana Mid February jadi salju di sekitaran Lake Kawaguchiko udah nggak banyak banget. Saat winter spot wajibnya adalah Kawaguchiko Natural Living Center. Pokonya view Fujisan di sana best banget.
a view of Natural Living Center
Kawaguchiko area during winter
Nah, udah punya favorit season untuk ke Lake Kawaguchiko? Aku ada sedikit tips-tips saat kesana, monggo disimak yaaaa.

1. Jangan ngeteng kereta! Wajib pake pass atau pilih bus sekalian untuk kesananya. Kali pertama aku pake Gulli Pass, 4000an yen udah tiket local train pergi pulang dari Tokyo plus Sightseeing Bus around Kawaguchiko Lake dan bus-bus seasonal untuk ke festival macam Shibazakura Festival, pass berlaku dua hari. Kedua pake Tokyo Wide Pass untuk naik limited express dari Tokyo plus Fujikyu Railway ke Kawaguchiko Station. JR Pass agak sayang sih kalo dipake ke sini, karena JR Pass nggak cover Fujikyu Railway. Sayang kan? Bus juga jauh lebih murah dan nggak ribet karena ada direct bus dari Shinjuku :)

2. Lihat Fujisan nggak ketutup awan a bit tricky ya, make sure check cuaca dulu sebelum berangkat. Pastikan cerah, kalau bisa nggak berawan atau bahkan jangan ujan biar Fujisannya kelihatan.

3. Makanan halal? Pernah coba di Aladdin Indo Restaurant, kalau naik sightseeing bus yang green line ke arah Kawaguchiko Natural Living Center, restonya ada di sebelah kiri. Sangat recommended!!

4. Sightseeing bus pass is a must. Gratis dengan Gulli Pass, atau beli seharga 1200 yen bisa dipake sepuasanya muterin Kawaguchiko. Ada dua line, green dan red yang jangkauannya jauh. Green line ujungnya sampai Natural Living Center kalau yang red line sampai sejauh Iyashi No Sato Village. Makanya kadang sehari tak cukup. Hihi.

5. Prayer room? Kebetulan nggak ada, aku selalu sholat di parkiran Natural Living Center, ambil wudhu di toilet deket situ, nggak ada warm water jadi pas winter ya alamat beku karena wudu. Hehe.

6. Kalo datengnya early May, sisa-sisa sakura bisa dilihat di depan Kukuna Hotel dan sekitarannya, waktu itu masih ada beberapa pohon sih walaupun udah pada rontok. Hihi.

7. Perlu coba wisata lain karena Kawaguchiko nggak cuma tentang Lakenya loh ya, ada banyak yang lain tinggal milih yang sesuai hati, ada yang berbayar ada yang free.

Gimana? Sudah tambah pingin lihat Fujisan kan. Aku sendiri kalau ada kesempatan mau banget liat Fuji dari Iyashi No Sato, semacam desa tradisional yang juga punya view Mt. Fuji yang ajaib. Mau juga lihat Fujisan saat Summer atau Autumn. Semoga terkabul, Aamiin.

6 comments:

  1. Wah bagus ya fujiama.....
    Selain difujiama, wisata alam yang bagus dmn saja? Ada referensi kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus banget mbak. Kapan yuk kesana bareng?

      Banyak banget wisata alam yang bagus sebenernya, tapi Mba Dita kudu coba Tateyama Alpine Route yak, Alpennya Jepang tuh viewnya gilak!! Kalau Irma lagi penasaran Shirahige Waterfall pas winter mbak :)

      Delete
    2. Wah boleh tuh...
      Tateyama, mau tahu bagusnya wisata gunung d jepang...
      Kapan? Ada bukaan trip yang sesuai kantong kah?

      Delete
    3. Hehhee. Yuuk mbaaa. Paling mantep bulan Mei kalau mau kesana. Nanti begitu open trip Irma share yaaa :)

      Delete
  2. Halo assalammualaikum..
    Mba irma tq yaaa buat ceritanya...

    Mba aq mau nanya donk..

    Kl kw kawaguchi lake saat winter sekitar pertengahan january worthed ga?
    Atau boleh gak rekomend wisata area tokyo yg oke saat winter..


    Tq yaa sebelumnya...😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaykumsalam.

      Hai Silvia, maaf baru balas ya :)

      Kalau Fuji dari Lake Kawaguchiko setiap saat oke menurutku. Asal check2 cuaca aja sebelum kesana, jadi view Fujinya bagus. Banyak aktivitas yang oke disana macam kachi2 ropeway, sightseeing boat, desa iyashi no sato dll. Tinggal dipilih sesuai minat.

      Aku terakhir ke sana akhir Januari 2018, memang dingiiin banget, tapi view masih oke kok.

      Ehm, sekitar Tokyo ya? kalau mau main salju coba ke Gala Yuzawa sejam aja dr Tokyo naik shinkansen (dicover Tokyo Wide Pass).

      Kalau yang deket lg mungkin bisa ke Odaiba dan sekitaran2 Tokyo area, masih banyak winter illumination deh kalau pertengahan Januari :)

      Semoga menjawab yaa, terimakasih sudah mampir 😊😊😊

      Delete