Thursday 27 April 2017

Ke Jepang saat Golden Week

Haihaihai. It's almost May ya!! Adakah yang berencana ke Jepang awal Mei nanti? Tahukah kamu bahwa awal Mei itu merupakan Golden Week di Jepang yaitu pekan dimana hari libur dateng secara berurutan pada tanggal 3, 4, dan 5 Mei. Beberapa orang tidak merekomendasikan mengunjungi Jepang saat Golden Week dan beberapa lain justru sangat menganjurkan untuk ke Jepang saat Golden Week. Meskipun sempat panik saat ngeh tanggal berangkat ke Jepang bertepatan dengan Golden Week tapi pada akhirnya aku berada di team #kejepangsaatgoldenweeklebihasik. Hoho.
Yakoso Japan!!!
I surely recommend to visit Japan on Golden Week! Kenapa? Catet yaa:

Satu. Musim yang pas buat kaum tropis. Yap. Spring di Jepang itu masih dingin. Kali pertama tiba di Osaka di akhir April kami masih sedikit kedingingan, padahal host kami bilang cuaca hari itu termasuk hangat untuk mereka. Hoho. Nah, asiknya karena Mei udah masuk late spring udara udah menghangat kok. Nggak perlu lagi pake jaket kemana, udah pas banget dengan udara di Indonesia. Cuaca juga cerah, jarang hujan.

Dua. Banyak promo! Dari mulai tiket pesawat sampai onigiri di konbini. Sepanjang golden week biasanya sale-sale bertebaran dimana-dimana mulai dari brand-brand kenamaan, tiket wisata, hingga onigiri konbini yang jadi cuma 100¥ aja. Lumayan hemat kan?

Tiga.  Jepang lagi cantik. Meskipun sakura season udah lewat, tapi banyak bunga lain yang lagi mekar dan cantik-cantik juga di sepanjang jalan. Bahkan ada beberapa festival bunga yang hanya diadakan saat Golden Week. Yang paling famous sih, Tonami Tulip Fair sama Shibazakura Festival.
Bunga cantik everywhere~~
Nah, jadi pengen ke Jepang saat Golden Week kan? Hehe. Ada beberapa tips dari diriku buat yang udah memutuskan untuk seru-seruan di Jepang saat Golden Week tapi tetep nggak overbudget.

Satu. Jangan naik Bus antar kota! Karena golden week termasuk high season, jangan heran kalo harga tiket bus antar kota jadi mahal gila-gilaan. Willer bus Kyoto-Tokyo yang harga regulernya 5000an yen bisa jadi 11000an yen saat golden week, sedangkan bus passnya willer juga ga berlaku saat golden week. Gawat kan? Alternatifnya adalah manfaatkan pass-pass ajaib transportasi Jepang. Kalo rencananya jelajah beberapa kota di Jepang, JR Pass bisa jadi pilihan terbaik. Kalo hanya satu kota dengan side trip dekat-dekat saja lebih baik pass yang lokal saja. Misal Tokyo Wide Pass untuk 3 hari keliling Kanto Area seperti Tokyo, Fuji, Nikko atau Kawazu. Kansai Pass juga bisa jadi pilihan kalo mau explore Kansai Area saja.
The best investment ever!!
Dua. Pilih Airbnb untuk akomodasi 200rban. Lupakan hotel bahkan hostel kalau budget akomodasi pas-pasan. Sewa apato adalah solusi terbaik, nggak harus airbnb juga sih, sekarang banyak kok apato finder yang menghubungkan kita langsung dengan host apatonya. Harga relatif lebih murah dan tetap nyaman. Booking jauh-jauh hari lebih baiknya, ingat high season.

Tiga. Reserve seat dulu. Dengan JR Pass ditangan urusan transport dengan kereta jadi mudah. Penting untuk reserve seat lebih dulu untuk kereta-kereta yang jarang jadwalnya biar perjalanan lebih tenang. Meskipun seringnya reserved seat fully booked. Hoho. Kalo udah begitu, tetep jangan panik, masih banyak nonreserved seats yang tersedia kok. Agak lucu sih, kalo libur panjang di Indonesia biasanya transportasi penuh dimana-mana, tiket habis, jalan macet. Tapi nggak kejadian saat Golden Week Jepang kok, memang dimana-mana jadi lebih padat tapi tetap nyaman.

Empat. Itinerary itu perlu. Buat yang biasa go show aja, coba pertimbangin untuk susun itinerary dulu deh. Minimal hari ini kesini, besok kesitu, lusa kesana. Dengan gitu kita bisa check-check tempat mana aja yang buka atau tutup saat golden week bahkan kita bisa dapet free ticket kalau dateng di hari yang tepat.

Enam. Lupakan Disneyland dan Universal Studio Japan. Dua amusement park itu sejatinya jadi bucketlistku kalau ke Jepang. Tapi saat golden week, tingkat crowdednya hampir 100%, jadi mundur aja deh.

Dengan mencoret Disneyland dan USJ dari itinerary, apakah destinasi jadi terbatas? Tentu enggak dong! There are some places you have to go when you're in Japan during Golden Week. Check baby check ya!!

First of all, Tateyama Kurobe Alpine Route. Mengunjungi Jepang awal Mei adalah pilihan tepat. Kita masih bisa lihat bunga-bunga cantik dan menilik kerennya Alpen Jepang. Perlu beberapa jam naik shinkansen dari Tokyo untuk sampai di tempat menakjubkan ini. Memang kita nggak bisa berski ria, tapi sepanjang route kita akan bergonta-ganti transportasi dari mulai kereta gantung hingga bis listrik dengan suguhan view pegunungan salju yang amazing. Highlight dari Tateyama Kurobe Alpine Route adalah Snow Corridor yang biasanya baru dibuka pada awal Mei.
Amazed by this view :)
Kedua, Shibazakura Festival. Hamparan bunga Shibazakura berlatar Gunung Fuji cuma bisa dinikmati di Mid April hingga Mid May dengan the best time to visitnya adalah Early May karena shibazakuranya lagi full bloom. Best kan?
Shibazakura~~
Ketiga, Lake Kawaguchiko. One of the best place to enjoy magnificent view of Mt. Fuji is Lake Kawaguchiko!! Bahkan kalo beruntung kita masih bisa nemu sakura mekar di sepanjang danau. Sakura plus Fuji means Japan, isn't it?
feeling lucky to get this beautiful view
Keempat, Ueno Zoo. Sebenarnya Ueno Zoo bisa dikunjungi kapan saja. Tapi, tanggal 4 Mei itu spesial karena hari libur memperingati greenery day, maka hari itu free entry! Hihi. Biasanya visitor dikenai 600¥ untuk tiket masuk, tapi di tanggal itu gratis.
Polar Bear. Kawaaaiiii~~
Kelima, Hunting Koinobori! Ini bukan a place you've to go sih melainkan an activity you must do. Tau koinobori kan? Itu loh bendera bentuk ikan warna-warni yang dikibarkan saat perayaan hari anak-anak di Jepang tanggal 5 Mei. Lucu deh liat koinobori dimana-mana.
Koinobori is everywhere~~
Nambahin aja sih, karena belum kesampaian buat kesana adalah Tonami Tulip Fair. Kebun tulip macam Keukenhof yang diadakan di perfektur Toyama. Festivalnya cuma seminggu di awal Mei. Nggak heran kalau kalian mendarat di stasiun Toyama di pekan itu akan disambut taman mini bertabur tulip warna-warni.
Pan kapan lah yaaa. Aamiin :)
Kaaaann, nggak ada salahnya ke Jepang pas orang Jepangnya lagi liburan juga. Jepang tetep asik dan affordable ya kaaaannn???

11 comments:

  1. Tateyama keren kayanya ya kaaakk 😄😄😄

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum kak Irma di jepang apakah tanggal 6 mei golden week sudah selesai? Kakak ada email ga? Saya mau tanya banyak tentang liburan saat golden week kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi. Golden week jatuhnya di 3-5 Mei, tapi kalau hari setelahnya weekend, kemungkinan masih padet. Tanggal 6 mei tahun ini minggu kalau nggak salah yaa. Tapi nggak perlu khawatir kok, masih nyaman2 aja kalau jalan tanggal2 segitu :)

      Boleh email ke juwitanyairma@gmail.com yaaa. Makasii sudah mampir

      Delete
    2. makasih banyak udah di bales kak Irma

      Delete
  3. kak irmaaaaaa, thank you buat informasinyaaaa.
    mau tanya sedikit untuk toteyama itu kalo sehari pp dari tokyo apakah sempat? krmn kakak gimana ya? sempat menginap?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haihaaai. Makasii udah baca yaa. Bisa bangett pp dari tokyo gapake nginep di toyama. Asal naik shinkansen paling pagi yaaa, trus paling lambat jam 5 harus udah jalan dr ozigawa ke shinano omachi ;)

      Delete
  4. Hi Kak Irma, salam kenal :)
    Setelah aku beli tiket berangkat tanggal 1 Mei dan pulang tanggal 10 Mei, aku baru sadar kalau itu Golden Week.
    Kok agak sedih ya ngebayangin crowdednya Jepang nanti :(
    Tapi setelah baca blog kakak, agak lega sih.
    Berarti aku harus ngehindari tempat tempat mainstream di Jepang ya? Kayak Arashima Bamboo Grove,Ueno Park gitu? Kalau Hakone rame ga ya Kak pas Golden Week? Aku mau ngajak ortuku cruising.
    BTW, makasih infonya ya Kak. Bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii. Salam kenal juga :) makasii udah baca yaaa :)

      Hehe. Asik kok jalan pas golden week :) arashiyama juga masiu nyaman utk didatengin kok, tapi bamboo grove kalau mau dapet foto sepi harus dateng pagi banget atau sore sekalian, bamboo grove hari biasa aja udah rame bener.

      Hakone aku blm pernah sih, tapi di kawaguchiko masih nyaman kok, paling di kereta atau jadi agak rame karena japanesenya mau pada trekking :) sama banyak festival bunga gitu. Mungkin di hakone sama juga :) btw, di kawaguchiko juga ada sightseeing boat gitu, tapi cuma 20 menitan. Hehe.

      Delete
  5. Wah pas banget nemu tulisan ini. Saya mau ke jepang pas golden week tahun depan (baru sadar seminggu setelah beli tiket). Mau tanya-tanya lebih lanjut boleh ga sis ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, maaf baru baca commentnya kak :)

      Asik kok jalan pas golden week :) silakan kalau mau tanya2 lebih lanjut bisa disini atau email juwitanyairma@gmail.com, via ig juga boleh :)

      Salam kenal Melinda, terimakasih sudah mampir

      Delete