Monday 16 May 2016

Singapore Trip: Keliling Dengan Bus Lebih Asik

MRT dan Bus merupakan transportasi umum utama di Singapura. Kali pertama berkunjung ke Singapura dua tahun  lalu aku lebih sering naik MRT karena memang letak hotel yang sangat dekat MRT Bugis. Kali kedua, hostelku lebih dekat dengan halte bus, sehingga bus jadi pilihan utama. Sudah jadi rahasia umum kalau Singapura punya line MRT yang nggak ribet, jadi buat yang memang pertama kali ke Singapura, nggak akan bingung kemana-mana naik moda ini. Kalau bus? Nah ini agak lebih tricky, karena Singapura punya ratusan nomer bus dengan jalur yang berbeda-beda. Satu halte bis bisa beberapa nomer bus yang lewat, it's very important untuk tahu nomer bus yang harus dinaikkin untuk sampai ke halte bus yang dituju.
Halte bus yang bersih :)
Kalau boleh milih, ternyata keliling Singapura dengan bus lebih asik, alasan utamanya ya karena bisa lihat view sepanjang jalan, nggak seperti MRT yang viewnya gelap karena di bawah tanah. Hihi. Singapura itu serba teratur, termasuk untuk naik bus umumnya. Ada beberapa aturan yang harus kita tahu:
Pertama. Naik dan turun dari halte, nggak bisa di sembarang tempat.
Kedua. Masuk lewat pintu depan, keluar lewat pintu tengah.
Ketiga. Tekan tombol stop kalau mau turun di halte terdekat.
Keempat. Nggak boleh makan dan minum.
Bus Singapura~~
Selama aku di sana, paling sering naik Bus 145 karena bus itu lewat halte bus dekat hostel untuk menjangkau tempat-tempat yang memang ingin aku kunjungi dari mulai Bugis, Sentosa, sampai Henderson Waves di Telok Blangah. Hari pertama dateng udah lewat jam 10 malem, hostel nyaranin untuk naik MRT dari Changi ke Lavender Station terus lanjut bus ke halte terdekat, yaitu Eminent Plaza. Sama seperti MRT, bus juga beroperasi hingga larut malam, kalau nggak salah jam 12 malam. Jadi aku nggak khawatir masih nunggu bus malem-malem begitu. Selain nama halte, sangat penting untuk tahu no haltenya. Hostel menyebutkan aku harus naik bus 133 atau 145 dari halte Lavender St no 01319, keluar MRT Lavender langsung ketemu tuh halte bus Lavender Stn tapi kok nomer haltenya beda sama yang disebutkan hostel. Ternyata hostel salah memberi informasi, no halte yang benar untuk Lavender Stn adalah 01311 berjarak 3 stops dari halte Eminent Plaza yang aku tuju :)

Nah, begini trik-ku untuk keliling naik bus di Singapura,

1. Paling tidak tahu mau kemana aja di Singapura dan tahu halte terdekatnya apa. Misalnya, kalau mau ke Sentosa, halte paling dekat adalah HarbourFront Stn atau Vivocity.

2. Cari tau bus nomer berapa aja yang lewat halte yang dituju, cocokkan dengan halte terdekat (dengan hostel atau tempat wisata). Misal aku mau ke Sentosa setelah dari Masjid Sultan, aku harus naik bus 145 karena bus tersebut berhenti di halte Bef Sultan Mque dan HarbourFront Stn.

3. Simpan file trayek bus di henpon! aku pribadi siapin 3 jalur bus, yaitu 145, 141, dan 131 :) karena bus tersebut lewat halte dekat hostel dan menjangkau tempat-tempat yang ingin aku kunjungi. Guide untuk trayek bus bisa check disini.
Contoh di atas adalah guide untuk bus 145, Kalo diperhatikan ada Direction 1 dan Direction 2, itu menujukkan arah jalan bus Direction 1 untuk Toa Payoh-Buona Vista dan Direction 2 untuk Buona Vista-Toa Payoh. Ini penting untuk dilihat karena halte-halte berhentinya berbeda yang biasanya berseberangan (karena beda arah jalan) contoh 145 ke Toa Payoh akan berhenti di halte Eminent Plaza tapi 145 ke Buona Vista berhentinya di Opp Eminent Plaza, jadi jangan sampai salah arah bus :)

4. Check halte sebelum halte yang dituju, karena bus hanya berhenti di halte kalau ada penumpang yang mau naik atau turun saja, maka penting buat pencet tombol 'STOP' saat halte yang kita tuju udah deket, biasanya aku udah pencet tombol stop setelah bus jalan dari halte sebelumnya. Hihi.

Biarpun naik bus agak lebih tricky dibanding MRT, ada kelebihan yang lain dari ngebus loh. Selain bisa liat view sepanjang jalan, tarif bus relatif lebih murah dibanding MRT, dan nggak perlu jalan jauh untuk sampai ke tempat tujuan. Misal mau ke Masjid Sultan, kalau naik MRT turun di MRT Bugis terus jalan 500 meter lagi, kalau naik bus turun aja di halte Bef Sultan Mque dan kepleset sampe deh :)

No comments:

Post a Comment