Saturday 8 December 2018

Winter Trip Hokkaido (Day 3)

Jum'at, 9 Februari 2018 (Asahikawa)

Menjalani rute yang sama dengan kemarin, Chuo Bus mengantarkan kami dari Sapporo ke Asahikawa. Yang membuat kami ke Asahikawa saat itu adalah, ingin melihat Penguin Walk Parade di Asahiyama Zoo. Well, almost everyone went there  when they are in Asahikawa during winter!! Btw, tidak hanya Sapporo, Asahikawa juga punya Winter Festivalnya sendiri. Bahkan dari depan JR Station Asahikawa dan di area Bus Terminalnya sudah nampak banyak sekali ice sculpture. Ice sclupture ini membuat rute (Heiwa Dori Site) yang akhirnya mengantarkan pengunjung ke  main site festival di Asahibashi Site. Kira-kira 15 menit kalau disusur dengan jalan kaki.
Asahiyama Zoo
Awalnya kami ingin ke Asahiyama Zoo dulu dengan naik bus lokal, tapi melihat ada free shuttle ke Asahiyama Zoo dari Asahibashi Site, kami memilih naik free shuttle dulu ke Asahibashi Site dilanjut free shuttle ke Asahiyama Zoo. Saat turun di Asahibashi Site kami disambut staff festival yang ramah bahkan setelah melihat kami berhijab beliau menunjukkan bahwa ada halal food di foodstall dan prayer room juga! Beliau memberi kami venue mapnya. Melihat jadwal free shuttle bus ke Asahiyama Zoo, ternyata kami masih ada waktu untuk sekedar lihat-lihat sambil lalu Winter Festival di Asahikawa ini. Venuenya cukup luas, puluhan sculpture besar kecil, panggung musik besar, bahkan ada ice slide yang cukup tinggi. Ada ice slide yang rendah juga dimana aku melihat sekumpulan anak TK mengantri bergilir untuk berslide ria.
Asahikawa Winter Festival
Small ice slide
Big ice slide
Masjid Sculpture
Ah, prayer room yang dimaksud staff tadi adalah ice sculpture berbentuk masjid, cukup untuk sholat satu orang. Bahkan mereka menyediakan air hangat di termos untuk wudu. But I didn’t pray there because i couldn’t handle the cold. Hoho. Selain ice sculpture, anak-anak dapat beraktivitas membuat snowman di sana, nantinya snowmen yang telah dibuat akan di jejer dengan cantik di suatu area khusus.

Kami hanya lihat-lihat sebentar sebelum akhirnya naik free shuttle ke Asahiyama Zoo. Btw, free shuttle ini hanya ada saat festival ya. Kalau hari-hari biasa ya harus naik local bus. Asahiyama Zoo memiliki beberapa gate, kami diturunkan di dekat East Gate yang ternyata letaknya di bagian atas Zoo. Sebelum pintu masuk ternyata ada atraksi berbayar yang bisa kita coba seperti snow rafting dan snow banana. Kami skip saja dan langsung menuju pintu masuk.

Kita perlu membayar tiket masuk seharga 820 yen. Cukup mahal ya tapi sebanding dengan apa yang bisa diihat di dalamnya. Koleksi kebun binatang ini sangat menarik, beberapa binatang bahkan jarang kita jumpai di kebun binatang lain, sebut saja: Red Panda, Snowy Owl, Polar Bear, dll. Daaaannn, yang jadi highlight kunjungan ke sini saat winter adalah Penguin Walk Parade. Jadi, saat winter (December hingga Mid March) ada special event di kebun binatang ini. Dalam sehari ada dua jadwal dimana Penguin milik Asahiyama Zoo akan berparade keliling kebun binatang dan pengunjung dapat menyaksikannya di pinggir rute layaknya nonton pawai Agustusan. Lintasannya cukup panjang, dan penguin-penguinnya lucu sekali.
The View!!
I think it's Sika Deer
Red Panda
Snowy Owl
Polar Bear
Penguin Walk
Crystal Snow
Saat menunggu Penguin Walknya, salju turun dong. And it was Crystal Snow. Cantik sekali!! Ini kali kedua aku menjumpai Crystal Snow, sebelumnya aku lihat di Gala Yuzawa, masih excited aja loh. Hehe.

Untuk lunch, kami makan di resto di dalam kebun binatangnya. Tidak halal certified memang, jadi kami memilih menu yang menurut kami aman. Sholat pun tidak sulit, Asahiyama Zoo menyediakan multipurpose room yang dapat digunakan salah satunya untuk sholat. Memang tidak bisa diakses sembarangan, kita perlu lapor ke Tourist Information dulu. Staff akan mengantarkan dan membukakan pintu roomnya untuk kita, kemudian kita wajib lapor kembali jika sudah selesai. Tak ada heater di sana ya, jadi wudunya sambil menggigil.
Sebelum nyala Snow Lightnya
Rupanya kami sedikit lupa waktu di sana, asik lihat binatang-binatang unik, keluar masuk animal house yang ternyata menarik betul, bahkan keluar masuk souvenir shop yang koleksinya unik-unik.

Kami keluar dari Main Gate yang letaknya di bawah. Sudah mulai gelap, saat itu jalanan menuju Main Gate sudah dihiasi gelas-gelas dari es yang lilin-lilinnya mulai dinyalakan. Oiya, selama Asahikawa Winter Festival di Asahiyama Zoo ada special event yaitu Asahiyama Zoo by Snow Light. Kami takut kemalaman, jadi memilih kembali ke Asahibashi Site untuk kembali menikmati winter festival di sana.
Night view
Snowmen
Halal food
Asahikawa Winter Festival  malam hari tak kalah cantik. Meskipun cenderung lebih sepi. Lampu warna-warni sudah menyala. Viewnya jadi superb. Aku yang penasaran segera menuju Ice Slide, sedang Hesty dan Tikpo memilih menuju food stall. It was a great experience to slide over a high ice slide, it was fun!! Usai sekali saja mencoba ice slide, aku meyusul yang lain ke food stall. Ada 2 halal food yang di jual di sana. Taiyaki dan Curry soup! Keren sih menurutku. Asahikawa benar-benar sudah moslem friendly.
Ice Sculpture. I adore crystal shape inside the ball, that's why i post this pic. Btw, a day before, I watched its making process.
free ice skating in front of Asahikawa (Station) Bus Terminal
Usai puas dan kedinginan kami menuju ke Asahikawa Bus Terminal untuk kembali ke Sapporo. Di depan terminal kami masih menjumpai ice sculpture yang sudah menyala dan ternyata ada free ice skating di sana. Sayangnya, saat kami mau coba, free ice skatingnya 10 menit lagi tutup. Belum rejeki, hehe. Saat itu bus ke Sapporo sangat penuh. Kami sampai duduk di bangku-bangku lipat tambahan. Ketidakberuntungan hari itu adalah, kami iseng mencoba hemat dengan naik bus ke apato, tapi malah salah bus dan nyasar. Hoho. Akhirnya kami turun, naik bus kembali ke Sapporo Bus Terminal lalu naik taksi. Biar nyasar aku tetap senang, Asahikawa is worth to visit!!

6 comments:

  1. ya allahh mbaaaaa, aku hrs cobain solat di dlm mesjid es nyaaa hahahahahha. penasaran. dan itu slide menggoda bangettt. anakku bisa girang luar biasa ini kalo merosot di situ :D

    ReplyDelete
  2. Mbak, maaf mau tny. Perlu brp lama di dlm asahiyama zoo? Dan bus paling sore dari asahiyama ke asahikawa station jam brp? Trm ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai. Terima kasih sudah mampir. Kalau ndak salah ingat kami perlu sekitar 5 jam di dalam zoo. Waktu itu saya naik free shuttle karena ada winter festival, ada sampai malam. Kalau bus lokal, saya check sampai jam 16.10 kalau winter. 😄

      Delete
    2. Terima kasih banyak. Sangat membantu informasinya utk kami yg br pertama kali ingin ke sana. Smg sukses .. 😊

      Delete